Rabu

Inovasi Anak Bangsa Untuk Indonesia

BANGGA JADI ANAK BANGSA, kata itulah yang harus kita tanam dalam diri kita, karena sering kita berfikir bahwa negara kita ini masih kalah dengan negara-negara maju yang lain, seperti Amerika,Singapure,Cina, bahkan negara tetangga kita Malaysia. pandangan itu berdasarkan pada perkembangan ekonomi dan Teknologi yang dimiliki oleh Negara-negara tersebut. Tapi perasaan minder itulah yang justru membuat Indonesia makin terpuruk, dengan lemahnya semangat dari para anak bangsa maka makin melemah pula pengaruh indonesia di mata dunia. bayangkan jika kita sendiri sebagai anak bangsa meragukan Indonesia, bagaimana mungkin negara lain mau mengakui kehebatan bangsa kita ?
Kita bukan bangsa bodoh juga bukan bangsa pemalas, bangsa indonesia juga bisa berinovasi. Banyak para orang-orang hebat yang telah lahir di Indonesia dan banyak pula orang-orang hebat yang akan terus lahir di Indonesia untuk generasi berikutnya.
salah satu orang-orang hebat yang lahir di Indonesia adalah Ir.Soekarno, beliau adalah Presiden Indonesia pertama yang menjabat pada periode 1945–1966.Ia memiliki peranan penting untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Soekarno adalah pencetus Pancasila karena ia yang pertama kali menciptakan konsep mengenai dasar negara Indonesia itu dan ia pula yang menamainya Pancasila. Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. dan tidak salah jika kehebatannya itu pernah di bahas dalam majalah TIME
Selain Ir.Soekarno anak bangsa yang juga pernah menjadi kebanggaan indonesia adalah
B.J Habibie ( Bacharuddin Jusuf Habibie ) seorang putra bangsa yang lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Beliau membuktikan bahwa Indonesia tidak hanya bisa mengimport teknologi canggih dari luar negeri. Beliau ingin menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia tidak kalah dengan negara-negara yang lain.
Dan itu di buktikan dengan terciptanya pesawat N-250 'Gatot Kaca'.Sebuah pesawat asli buatan anak bangsa.

Kehebatan-kehebatan anak bangsa Indonesia tidak berlangsung hanya pada generasi mereka saja, karena telah banyak lahir putra dan putri bangsa yang mampu mengharumkan nama indonesia baik di dalam maupun di luar negeri dengan berjuta inovasi yang mereka miliki .

Berikut adalah beberapa Inovasi karya anak Bangsa :

1) ARTAV, Anti Virus buatan Anak Bangsa

memang benar jika di katakan bahwa Ide atau Inovasi dapat tiba-tiba muncul jika kita sedang menghadapi sebuah masalah, dan pastinya ada keinginan untuk menyelesaikannya. Ini dialami oleh Arrival Dwi Sentosa atau yang akrab di panggil Ival, seorang pelajar dengan usia 13 tahun yang kini menduduki bangku SMP. Dia berhasil menciptakan sebuah Anti Virus yang di beri nama ARTAV, penciptaan Anti Virus ini di karenakan seringnya Ival mengalami gangguan di komputernya karena ulah Virus. Tidak kehabisan akal, Ivan berusaha untuk mencari cara agar bisa menghilangkan Virus yang ada di komputernya, dengan bermodal Buku tentang Anti Virus dan bantuan dari kakaknya, maka terciptalah antivirus ARTAV ini. Dan kini mereka telah mempublikasikan ciptaannya itu dan bebas di Download oleh masyarakat umum melalui Internet.
salut buat mereka yang mampu berinovasi dan tetap mau berbagi hasil ciptaan mereka kepada masyarakat umum yang memiliki musuh yang sama dengan mereka, yakni Virus komputer.

2) Mobil Hemat Energi ciptaan anak Bangsa

Kasavha Garuda Evolution dan Kalabia merupakan mobil ciptaan mahasiswa dan mahasiswi dari UI, mobil-mobil hemat energi ini merupakan sabagian dari beberapa mobil yang mewakili Indonesia dalam Event Shell Eco Marathon Asia. Di sini mereka turut mewakili Indonesia bersama dengan mahasiswa dan mahasiswi dari ITB, UGM, ITS dan Politeknik Negeri Pontianak (Polnep), tentunya dengan mobil ciptaan masing-masing. ini bukti bahwa Inovasi anak bangsa tidak hanya berlaku di dalam Negeri tapi juga mampu bersaing dalam tingkat Internasional, maka tidak salah jika kita harus bangga menjadi bagian bangsa Indonesia.




berikut ini detail dari Kasavha Garuda Evolution dan Kalabia ciptaan UI
-Kasavha Garuda Evolution
Chassis: Semi-monocoque
Body: Fiberglass
tinggi panjang dan lebar: 273 cm, 80 cm dan 80 cm
wheelbase: 187 cm
tanpa pengemudi berat: 50 kg
pelek: 14 inci
mesin: Suzuki Smash 115 cc Titan
Bahan Bakar: Bensin
Target : 1.000 km per liter



-KalabiaChassis: Semi-monocoque
Body: fiber / akrilik
tinggi panjang dan lebar: 248 cm, 120 cm dan 123 cm
wheelbase: 148 cm
berat badan tanpa sopir: 120 kg
pelek: 14 inci
Mesin: 125 cc Shogun
Bahan Bakar: Bensin
Target : 500 km per liter




3) Motor Bertenaga Elpiji Karya Anak Bangsa

Inovasi Motor Bertenaga Elpiji ini merupakan hasil karya Sri Suryana Dwi Atmaja, seorang guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Temanggung, Jawa Tengah, dia berhasil membuat sebuah alat untuk mengubah bahan bakar sepeda motor dari premium ke gas elpiji. Sri memastikan bahwa Sepeda Motor Elpiji ciptaannya ini jauh lebih irit, dan lebih ramah lingkungan dari sepeda motor dengan bahan bakar Premium. Dengan elipiji ukuran 3 kg pada motornya yang bermesin 100 cc, mampu menempuh jarak sekitar 200 hingga 250 km. Sementara jika dengan premium, hanya mampu menempuh jarak sekitar 150 km. Alat ciptaan Sri berbeda dengan kendaraan sejenis lainnya yang menggunakan BBG. Jika kendaraan lain suplai gas mengubah karburator, hasil kreasi Sri ini tanpa mengubah karburator. Jadi, tidak ada kesulitan jika kita ingin kembali menggunakan bahan bakar Premium lagi. Alat utama dalam sepeda motor BBG buatan Sri adalah converter. Alat ini berguna untuk mengukur gas yang akan masuk ke karburator melalui selang regulator. Converter itu pun berfungsi sebagai penyeimbang angin. Sri termotivasi untuk melakukan Inovasi ini karena miris melihat harga Premium yang perlahan-lahan mengalami kenaikan, yang disertai juga dengan adanya kelangkaan Premium di mana-mana.


4) Situs Jejaring Sosial karya Anak Bangsa

menurut Wikipedia:
jejaring sosial adalah sebuah web berbasis pelayanan yang
memungkinkan penggunanya untuk membuat profil,
melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau
menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut.

Setelah mendengar penjelasan tersebuat pasti dalam pikiran kita terlintas sebuah situs jejaring sosial yang kini di gandrungi oleh berjuta-juta manusia di dunia, termasuk orang indonesia. mungkin namanya tidak asing lagi di telinga kita, situs jejaring sosial itu adalah Facebook yang merupakan ciptaan Mark Zuckerberg dan Twitter yang merupakan ciptaan Jack Dorsey, yang di lihat dari namanya saja, kita tahu bahwa mereka adalah orang-orang luar negeri. Namun kini Indonesia patut berbangga, karena telah banyak pula Jejaring sosial ciptaan anak bangsa dengan berbagai fasilitas yang di sediakan serta ciri khusus dari tiap jejaring sosial tersebut. berikut adalah sebagian kecil dari beberapa Jejaring sosial karya anak bangsa.

- INDOFACE
Indoface merupakan situs jejaring sosial yang di buat oleh tangan-tangan kreatif anak bangsa. Disitus pertemanan ini disediakan beberapa fitur antara lain : blog,my voice,vote dan masih banyak lagi, sebenarnya bisa di bilang IndoFace ini merupakan surga bagi para pebisnis online, karena mereka mampu menjual barang atau mempromosikan sesuatu di IndoFace, karena di sini tersedia layanan pasang iklan gratis. Seperti yang di katakan pepatah, "Sambil menyelam minum air" yang artinya : Mengerjakan 2 Pekerjaan Dalam 1 Waktu, jadi sudah dapat teman baru dapat pasang iklan gratis pula. dan yang menarik dari Indoface, yakni setiap aktifitas kamu di IndoFace baik itu login,upload foto atau bahkan cuman kasih komentar akan mendapatkan poin, dan hebatnya poin itu bisa di tukar dengan barang elektronik seperti ponsel atau barang elektronik lainnya yang sudah disediakan oleh IndoFace.
- KAYAKIYE
ada lagi situs jejaring sosial unik yang di buat oleh anak bangsa, situs itu bernama KAYAKIYE, asing dengan nama situs tersebut ? itulah yang saya rasakan saat pertama mengetahui situs ini, setelah mencari arti nama itu di google, akhirnya saya temukan arti dari kata itu di kamus online bahasa tegal dan diketahui bahwa arti dari KAYAKIYE = "Begini/Seperti ini" nama situs jejaring sosial tersebut di ambil dari bahasa jawa, atau lebih tepatnya bahasa khas kota Tegal. jadi jangan kaget jika kebanyakan orang yang memiliki akun di sana menggunakan bahasa daerah, bahkan dari situs KAYAKIYE inipun menggunakan bahasa daerah untuk tab menu yang ada di sana. dan inilah yang membuat situs jejaring ini berbeda dengan situs jejaring sosial lainnya.

- SALINGSAPA
merupakan Jejaring Sosial yang memiliki fitur-fitur yang hampir sama dengan jejaring sosial umumnya seperti wall (dinding), foto, teman, dan lain-lain. namun SALINGSAPA juga memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh jajaring sosial yang lain, karena SALINGSAPA ini merupakan jejaring sosial yang bertujuan untuk dakwah kepada para penganut agama islam di Indonesia. ini di buktikan dengan adanya fitur Khazanah dan Al-Quran. Dua fitur ini ternyata banyak di minati oleh penggunanya.Di fitur Khazanah, member bisa mendengarkan ceramah-ceramah dari banyak ustad. Sedangkan di fitur Al-Quran, user bisa membaca Al-Quran dari Juz 1 sampai 10, lengkap juga dengan terjemahannya. dan yang lebih menakjubkan lagi, pencipta situs Jejaring sosial ini adalah seorang bocah yang kini berusia 13 tahun. dia adalah Muhammad Yahya Harlan yang lahir tanggal 25 Juli tahun 1998 .dia merupakan Siswa kelas 7A (1 SMP) Sekolah Alam Bandung, Jawa Barat.

5) Tongkat Pintar untuk Tunanetra

Ini merupakan sebuah Inovasi yang sangat bermanfaat, terutama untuk para saudara-saudara kita para penyandang Tuna Netra, karena kita tahu bahwa tongkatlah yang menjadi penuntun jalan mereka, namun tak jarang walaupun telah menggunakan tongkat mereka tetap harus merasakan kesakitan akibat terjatuh, bertabrakan dan hal lain yang memang menjadi cobaan bagi mereka, melihat hal ini salah satu anak Bangsa, yakni Reinardi Mayono Utomo, 21 tahun, berhasil menciptakan sebuah Inovasi yakni : Tongkat Pintar untuk Tunanetra. bahan yang di butuhkan untuk menciptakan alat ini cukup sederhana. Dia menggunakan pipa gorden sepanjang 110 cm sebagai tongkatnya. Rongga pipa itu kemudian dipasangi dua sensor serta lampu yang terhubung dengan rangkaian elektronik yang ditempatkan secara terpisah serta diaktifkan dengan baterai. Sedangkan rangkaian elektroniknya terdiri dari printed circuit board (PCB) dan mikrokontroler. Agar praktis, rangkaian elektronik itu diwadahi tas kecil. Dua sensor tersebut otomatis akan berbunyi bila di depan si buta ada penghalang. Sensor di bagian atas akan berdering dari jarak 40 cm, adapun sensor bawah dari jarak 30 cm. “Sinyal bahaya ini otomatis akan berbunyi bila di depan pembawa tongkat ada tangga, jalan berlubang atau halangan-halangan yang lain.Untuk bisa mendengarkan tanda bahaya itu, si pembawa tongkat harus memasang alat pendengar khusus yang telah terhubung dengan rangkaian elektronik. Selain sensor tanda bahaya, lampu di tongkat tersebut akan menyala berkedap-kedip di tempat yang gelap. Agar si pembawa tongkat tidak ditabrak orang.

Dan semua ini merupakan bukti bahwa Inovasi yang di miliki anak-anak Indonesia bukan hanya bertujuan untuk memajukan Negeri ataupun mengharumkan nama indonesia, tapi juga bisa untuk membantu sesama, karena yakinlah bahwa sesuatu hal kecil yang kita lakukan untuk mereka, sangat berarti besar untuk kehidupan mereka, dan pastinya juga bermakna bagi kita, karena secara tak langsung kita telah belajar untuk berbagi.

dan dengan melihat semua Kreativitas putra-putri Indonesia di atas, kita pasti bangga bahwa anak indonesia ternyata juga bisa berinovasi untuk Negeri, namun sebenarnya bangga saja tidak cukup, karena indonesia masih membutuhkan berjuta inovasi dari para anak bangsa, bukan hanya dari mereka, tapi juga dari kita. Maka jangan hanya menjadi orang di balik layar yang hanya mendukung Indonesia dengan Do`a dan rasa Bangga. Tapi Buktikan bahwa kita juga bisa menjadi bagian penting dalam membangun Negeri ini.
Walaupun itu di mulai dari hal kecil yang kita bisa.
Karena dari hal yang kecil itulah awal dari Hasil yang Besar akan tercipta.
Mari Berinovasi untuk Negeri !
jika bukan kita, siapa lagi yang mau memperjuangkan kemajuan negeri ini ?

32 komentar:

  1. Rasanya bangga jadi anak Indonesia.
    besok namaku yang akan terpampang di koran dan Tv karena membuat Inovasi untuk Indonesia..amin..
    hehehehe

    BalasHapus
  2. @Miftah : Ok, Gantungkan mimpimu setinggi langit. jangan pernah takut untuk bermimpi dan jangan pernah berhenti untuk menggapainya

    BalasHapus
  3. Fakta2 diatas membuktikan bahwa bangsa Indonesia tidak kalah hebat dengan bangsa luar. Tinggal dukungan dari pemerintah saja untuk mempromosikannya lebih jauh agar dikenal luas oleh bangsa lain

    BalasHapus
  4. @CORETAN HIDUP : Bener Banget, sebenernya semua kreativitas dan Inovasi mereka akan jadi lebih berarti kalau adanya dukungan dari sekitar mereka, terutama dari Pemerintah.

    BalasHapus
  5. terus ini artikel yang diikutkan dalam lomba juga ya?

    BalasHapus
  6. @TUKANG CoLoNG : ya Begitulah bro.

    BalasHapus
  7. mari kita kembangkan karya anak bangsa ini agar Indonesia bisa lebih mandiri

    BalasHapus
  8. saya turut bangga dengan prestasi-prestasi ini ,,,,

    BalasHapus
  9. WaHHH.....karya anak bangsa Indonesia super mantap....mantap juga artikel ini. Mas ayo kita tukar link biar semakin mantap.


    Makasih

    BalasHapus
  10. @Adib mahdy Siip, Indonesia akan mampu lebih mandiri jika anak bangsanya mau terus berkarya

    @Rubiyanto Sutrisno ok mas, semoga kebanggaan itu bisa membuat anak-anak bangsa menjadi lebih maju, bukan malah menjadi jatuh, karena merasa puas dengan apa yang di peroleh.

    @Java Creativity karena itulah tidak salah jika kita bangga dengan karya-karya anak bangsa

    BalasHapus
  11. Masih muda-muda banget ya, ck..ck..ck..
    Salut buat mereka, dan turut bangga!

    BalasHapus
  12. repot kalo di indo mah bos, pemerintahanna ora melek...lebih percaya ke orang laen karena ada udang di balik batu...hieoheioheoheiheioehie

    BalasHapus
  13. @DewiFatma : sip, kita patut bagga dengan Inovasi yang mereka punya dan sebenarnya untuk berinovasi tidak melihat usia mbak, asal ada tekad, niat, serta usaha, pasti kitapun bisa.

    @Beben Koben : yah mungkin itu menjadi cobaan bagi negeri kita, memang benar kreativitas dan Inovasi mereka akan jadi lebih berarti bila ada dukungan dari berbagai pihak termasuk pemerintah,tapi adanya dukungan atau tidaknya itu jangan dijadiin sebagai penghalang bro, Anak Indonesia harus tetap Berinovasi, jika bukan kita, siapa lagi yang mau memajukan negeri ini.

    BalasHapus
  14. ikutan bangga sebagai anak bangsa. Moga banyak anak bangsa lain yang terus berkarya dan berinovasi

    BalasHapus
  15. @masjier : Amin,semoga inovasi-inovasi itu terus bertambah, karena Indonesia terus menunggu inovasi dari para anak-anak bangsa.

    BalasHapus
  16. yah, yang pasti saya bangga jadi anak indonesia :)


    wah, ikut lomba compfest ya :D
    moga menang :)

    BalasHapus
  17. @reyva babtista : iya, saya berpartisipasi di lomba blog Compfest 2011, makasih ya buat do`anya.

    BalasHapus
  18. Baca ini tambah rasa kemendosiannku

    BalasHapus
  19. semakin banyak wadah tuk para anak muda berkreasi.. hayo hayooo para anak muda.. maju bergerak tuk bangsa ini :p

    BalasHapus
  20. @Nyach MMS: sip deh.

    @Majalah Masjid Kita: bener, semakin banyak wadah bagi anak bangsa untuk berkreasi, dan semoga itu dapat dimanfaatkan secara maksimal.
    ok salut buat semangatnya, harapan kita semoga para anak-anak muda bisa terus maju dan tak berhenti untuk berinovasi. Amin

    BalasHapus
  21. wah wah wah, saluuut buat semuanya...
    gak nyangka ya ternyata indonesia punya anak bangsa yg bnr2 kreatif..

    saya salut bgt tuh ama penemu anti virus.
    13 tahun usianya... diusia seperti itu aku malah blm sama sekali mengenal yg namanya komputer. :)

    semoga indonesia makin maju dan berkembang dimasa depan...

    Ayo kita buktikan pada dunia!

    tp kalo lihat kerusuhan2 sering diberitakan, saya jd prihatin...apalagi kalo soal tawuran antar pelajar tuh... mau jd apa mreka?

    BalasHapus
  22. @Penghuni 60 : bener banget,
    Anak-anak indonesia sebenarnya juga banyak yang kreatif,
    dan penemuan Anti Virus Artav itu hanya sebagian kecil dari Inovasi yang telah di wujudkan oleh anak-anak Indonesia, dan masih banyak lagi Inovasi yang di ciptakan dari tangan-tangan kreatif anak Indonesia namun kadang belum terpublikasikan,

    dan untuk masalah tawuran antar pelajar, itu bisa saja di karenakan faktor lingkungan yang buruk yang mempengaruhi mereka,

    semoga dengan adanya semua Inovasi-inovasi dari para anak-anak bangsa ini mampu memotivasi mereka dan para pelajar yang lain untuk berkreasi,
    toh itu lebih bermanfaat dari pada melakukan hal-hal negatif seperti tawuran dan hal negatif lainnya.

    BalasHapus
  23. semakin bangga dengan indonesia..nih...

    BalasHapus
  24. Sangat bangga di Indonesia, semangat ui ! Bangga juga pake hp 300 ribuan bisa ngeblog ! Wuehehehe....

    BalasHapus
  25. @rodes berbagi informasi : ok, kita memang harus bangga dengan bangsa kita.

    @obinhut : ok bro.

    BalasHapus
  26. wow keren ! sebuah motor bertenaga elpiji, kemana-mana berarti bawa LPG 3kg? tapi kalau bocor bahaya juga. :D
    sebenarnya orang-orang Indonesia itu keren2 :D cuma jarang ada yg mengabadikan karya orang itu.
    Padahal inovatif sekali.

    Buat anak bangsa, Semangat !

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. ijin nyimak gan.. wkwkwk

    BalasHapus
  29. indonesia emang keren... :) strong from home harusnya sii :p

    BalasHapus
  30. bangga bener jadi orang indonesia tulen,,,,
    kang ku tunggu informasinya lagi

    BalasHapus