Senin

Raih apa yang kamu mau dengan Eksis di Internetmu

27 komentar
Dunia Maya atau yang biasa kita sebut dengan Internet, merupakan sebuah dunia baru ciptaan manusia yang tak memiliki batas, tanpa batasan waktu, batasan lokasi, dan batasan pengguna, jadi siapapun orangnya, dan dimanapun dia berada, serta kapanpun dia mau, dia bisa mengakses dunia maya ini, serta berhak untuk eksis di dalamnya. Eksis berinternet itu sendiri berarti berusaha untuk bisa aktif mejadi apapun , melakukan apapun atau memperoleh apapun yang dia inginkan di internet sebagai medianya asal tidak melanggar aturan yang ada.
Dan kini ada banyak bentuk pengaplikasian internet di dunia nyata dalam keseharian manusia, antara lain :


Jadi tidak salah jika kini banyak yang mulai eksis di internet, karena internet bisa menjadi perpustakaan paling lengkap, guru paling pintar & canggih, media pencarian teman yang ampuh, serta media bisnis yang menguntungkan, dan media untuk mencari dan berbagi informasi yang paling cepat.

Apa Pendapat mereka tentang Eksis di Internet ?


Berikut video hasil liputan wawancara saya dengan beberapa orang, tentang pendapat mereka mengenai Eksis di Internet


http://www.youtube.com/watch?v=NZBG8tIC2s0


Merakyatkan Internet, dan Menginternetkan Rakyat.

Siapapun dia, dia berhak untuk eksis di internet, baik orang kaya, ataupun miskin, karena internet bisa di ibaratkan menjadi sebuah pintu yang menjadi jalan bagi kita untuk mengetahui segala sesuatu yang kita mau.



Tautan


Aku dan Eksistensiku di Internet.

Untuk Saya Pribadi memang sudah terbiasa dengan duduk berlama-lama di depan komputer untuk mengakses internet.
ngapain aja?
biasanya saya mengakses internet untuk mengerjakan tugas, atau membuka Facebook, dan tak lupa pula membuka blog ini, untuk mengupdate postingan, berbalas komentar, blog walking, mengotak-atik tampilan blog,dll.
sehingga biasanya tak terasa puluhan tab telah menumpuk di web browser yang saya gunakan, saya menyadari bahwa banyak yang bisa kita dapat dan kita bagi di internet, contohnya di facebook, di sini saya sering mengomentari status teman-teman yang di rasa unik, dan saya pun sering berkunjung ke beberapa group / komunitas di facebook, seperti komunitas blogger di facebook, dan juga komunitas jurusan, tujuannya untuk sekedar belajar dan berbagi informasi terbaru, serta untuk mempererat tali silaturahmi dengan member di tiap groupnya, dan untuk di group/komunitas jurusan, saya sering berbagi dan memperoleh informasi tentang mata kuliah, info tugas, informasi tentang beasiswa, informasi tentang lomba terbaru, informasi tentang seminar dan workshop yang ada, khususnya yang di adakan secara GRATIS, maklum mahasiswa suka yang Gatisan..hehehe


Selain Eksis di Facebook, sayapun berusaha untuk Eksis juga di dunia blogging, layaknya di facebook, lewat dunia blogging ini, kita juga bisa memperoleh banyak teman, dengan saling berkunjung ke blog dari masing-masing blogger , atau yang biasa di kenal dengan istilah blog walking, tidak cuman berkunjung namun juga dengan meninggalkan jejak berupa komentar di salah satu postingan, karena memang komentar tidak seperti jelangkung, yang mampu datang tanpa di jemput dan mampu pulang tanpa di antar, karena untuk memperoleh banyak komentar di blog, kita juga harus mau memberi banyak komentar ke blogger lain, jadi bisa di bilang pengorbanan yang di lakukan berbanding lurus dengan hasil yang di dapatkan, sehingga tidak salah jika dikatakan ada istilah simbiosis mutualisme dalam kehidupan blogger,dan perlu di ketahui sebuah komentar sangat penting bagi eksistensi sebuah tulisan di blog, selain sebagai pendongkrak agar muncul di list teratas search engine, komentar merupakan bentuk apresiasi kita terhadap postingan blog tersebut, apresiasi itu dapat berupa pertanyaan yang kita lontarkan kepada pemosting, atau bisa juga bentuk pujian terhadap postingan yang di buat karena bermanfaat bagi kita yang membacanya.













dan tradisi blog walking inilah yang membuat terciptanya ikatan pertemanan secara tak langsung antar sesama blogger, yang membuat tiap blogger selalu ingin saling mengunjungi guna menjaga silaturahmi. Selain memperoleh teman lewat blogging, menurut saya di dunia blogging kita bisa jadi apapun yang kita inginkan,kita seolah jadi guru dengan mampu berbagi ilmu , dan juga menjadi wartawan dengan berbagi informasi terbaru, serta kitapun bisa menjadi seorang bisnisman atau wirausahawan dengan membangun usaha lewat dunia maya, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun yang membuat eksis berinternet di dunia blogging itu terasa menarik adalah, karena kita berbagi tanpa tau untuk siapa ,dan dimana mereka, baik itu berbagi ilmu ataupun informasi ,
karena apa yang kita bagi lewat internet bisa saja di baca atau di lihat oleh keluarga, tetangga, dan bahkan orang yang belum kita kenal, karena kita berbagi informasi dengan semua orang yang mampu mengakses internet, tidak hanya dalam lingkup provinsi atau negara, namun lingkup dunia, jadi orang yang ada di negara lain juga bisa membaca apa yang kita tulis di internet. Asal mereka mampu terhubung dengan internet layaknya kita.

Mereka juga Eksis, dan mendapatkan apa yang mereka mau.

Ada banyak cara agar bisa tetap eksis di internet, di sini eksis tidak hanya mampu di kenal oleh orang banyak, namun juga mampu belajar, dan mampu memperoleh banyak manfaat lewat Internet

1) Dia Eksis, kreatif dan Inspiratif
Kenal dengan dia ?
Dia adalah Habibie, namun bukan habibie yang pernah mengharumkan indonesia dengan pesawat ciptaannya, dia habibi yang berbeda, namun juga mampu mengharumkan indonesia karena semangatnya, itu dikarenakan dia merupakan salah satu orang yang mampu sukses lewat internet.
Kenapa saya bilang salah satu ? karena banyak sekali orang yang mampu meraih kata “SUKSES” dalam hidup mereka lewat hoby dan kebiasaan mereka untuk eksis di internet, sehingga mereka mampu mendapatkan penghasilan lewat internet.Namun ada yang berbeda dengan habibi dan kesuksesannya, karena dia mampu sukses dengan segala kekurangan yang ada padannya,memang ada kekurangan dalam fisiknya tapi semangat yang dia miliki mampu menutup kekurangan itu, hingga berkat eksistensinya di internet dengan membuka bisnis lewat intenet, dia mampu membantu keuangan keluarga lewat eksistensinya di internet, serta mampu menginspirasi banyak orang lewat penampilannya di kick andy.

Dia di undang dalam acara kick andy di karnakan sikap percaya dirinya yang tak mau kalah dengan orang lain yang di anggapnya memiliki kondisi fisik yang lebih darinya, dia menganggap kekurangannya adalah pendongkrak semangatnya. Dan inipun menjadi bukti bahwa prestasi yang nyata dapat kita raih lewat dunia maya ( internet ), dan kisah habibi ini menunjukkan bahwa eksis berinternet itu bebas untuk siapapun, tanpa ada batasan fisik dari penggunanya.

2) Mereka Eksis dan Ekspresif
Familiar dengan wajah mereka ? pastinya iya, karena mereka sempat populer dan muncul di berbagai layar kaca beberapa kali, mereka hanyalah dua orang mahasiswi yang ekspresif dan juga kreatif, kreatifitas itu dalam bentuk video lipsing dengan di bumbuhi gerakan-gerakan unik dan lucu dalam penampilannya. Dua mahasiswi ini adalah Sinta & Jojo.Mereka mampu terkenal dalam waktu sekejab selain berkat keunikan video mereka, juga di karenakan eksistensi mereka di internet, hingga mereka mampu membagi video-video mereka kepada khalayak umum lewat internet khususnya youtube.Dan Seiring dengan bertambahnya like di video mereka, maka semakin banyak yang mengenal mereka, hingga mereka mampu menjadi artis dalam waktu sekejab. Tidak hanya sinta dan jojo, banyak beberapa orang yang selanjutnya mampu terkenal berkat video-video mereka yang di bagi lewat internet. Antara lain :

Sebenarnya apa sih Eksis di Internet itu ?


Berbicara masalah Internet, dan berbicara masalah eksis di dalamnya, saya mengkategorikan pengertian eksis berinternet menurut tujuan serta hasil yang di peroleh darinya.

1) Eksis di Internet = Komunikatif
Menurut kodratnya sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri, mereka membutuhkan orang lain, untuk saling menolong, untuk saling berbagi informasi, dll.
Caranya ?
Tentu lewat komunikasi.
Dan komunikasi itu sendiri merupakan bentuk ungkapan dari apa yang di inginkan oleh manusia terhadap lawan bicaranya. Dan kini Internet menjadi media komunikasi yang paling canggih, karena ada banyak sekali fasilitas yang di sediakan dalam memenuhi kebutuhan untuk berkomunikasi antara satu pengguna internet dengan pengguna internet yang lain, fasilitas itu seperti : web cam, chat, dll .
Web cam sendiri menjadi pengganti pola tetap muka dalam bicara, jika biasanya harus berhadapan langsung dengan lawan bicara, lewat internetpun kita juga bisa melakukannya walaupun terhalang oleh jarak yang jauh, tapi bisa di lakukan dengan layar monitor sebagai medianya dan internet sebagai penghubungnya.

2) Eksis di Internet = Belajar dan Berbagi Hal Positif
Belajar dan Berbagi, menjadi kata yang cocok untuk menggambarkan hal-hal positif yang di lakukan di internet, kita mampu belajar apapun lewat eksis di internet, cukup dengan memasukkan kata kunci yang kita cari melalui berbagai search engine (Google, yahoo, msn, dll),
lalu pernahkah kita berfikir postingan siapa yang kita baca ?
apakah itu milik google atau search engine lainnya ?
jawabnya itu adalah hasil postingan dari orang yang lebih dulu belajar dari pada kita, serta mau tetap eksis membagi ilmunya kepada orang lain termasuk kita lewat dunia maya, kitapun juga mampu seperti mereka dengan membagi ilmu yang kita tahu atau yang kita kuasai. Guna tetap melanjutkan kebiasaan untuk berbagi ilmu serta berbagi apa yang kita tau, tentunya dengan Internet sebagai medianya, serta Eksis menulis di internet sebagai caranya.

3) Eksis di Internet = RELATIF !!!

Berbicara masalah internet, dan masalah manfaat yang di peroleh di dalamnya, kita tau bahwa bermanfaat atau tidaknya eksistensi di internet bergantung pada penggunannya, namun kita juga tidak bisa menutup mata bahwa masih banyak pengguna internet yang tetap eksis di internet guna mengakses situs-situs porno .Jika di Ibaratkan, internet bisa di gambarkan layaknya sebuah Api yang bisa sangat bermanfaat bagi penggunannya bila di manfaatkan sesuai tujuannya, namun jika Api di salah gunakan dan kurang hati-hati dalam memakainya, maka Api juga bisa membakar diri kita yang menggunakannya. Begitu juga internet, jika salah menggunakannya ataupun tidak hati-hati dalam memanfaatkannya, internet juga bisa merusak diri kita sendiri sebagai penggunanya. Rusaknya diri karena Internet paling banyak di akibatkan oleh dampak dari terlalu seringnya mengakses konten-konten porno di internet, seperti foto, video, dll. Dan kita pun sadar bahwa sampai saat ini, konten-konten porno itu masih banyak tersebar di internet, itu diakibatkan karena adanya tangan-tangan jahil yang di kendalikan oleh otak yang nakal, untuk tetap berbagi konten-konten negatif, seperti foto dan video. Dan tetap bertahannya situs-situs itu hingga kini, juga di karenakan masih adanya eksistensi para pencari situs tersebut di internet, itu dikarenakan kurang tahunya mereka tentang dampak yang akan mereka peroleh selanjutnya, berikut dampak terlalu banyak melihat situs-situs porno:

1) Memberikan Efek Candu pada ‘penontonnya’ untuk melihat lagi, lagi dan lagi.
2) membuat cara berpikir seseorang menjadi penuh dengan seks semata.
3) akan membawa seseorang terhadap penggunaan waktu dan uang dengan sangat buruk. Sedikit ada waktu luang atau uang lebih, akan dihabiskan untuk memuaskan hawa nafsunya.
4) secara tak langsung mendukung perkembangan industri pornografi yang biasanya dikelola oleh “kejahatan terorganisir” yang mencari dana dengan cara haram.
5) Terbiasa melihat situs-situs porno akan merusak hubungan orang tersebut dengan lingkungannya, dalam hal ini keluarga atau orang-orang terdekatnya.
6) Dalam banyak kasus, pornografi membuat seseorang kehilangan daya kerjanya. Yang tadinya aktif dan kreatif bisa menjadi tidak fokus dalam pekerjaan.
8) Terlalu sering melihat konten-konten porno akan membuat seseorang menjadi sering berbohong, untuk menutup rasa malunya.
9) Pornografi akan membuat seseorang mempercayai semua kebohongan yang ditawarkan oleh pornografi sendiri

Jika kebiasaan untuk mengakses situs-situs porno ini terus berlanjut. Bangsa kita akan jadi bangsa yang terkenal. Bukan terkenal karena prestasi tapi karena prostitusi. Ingat bahwa Masa Depan bangsa bergantung pada eksistensi kita.

Dan cara untuk menghentikan penyebaran situs-situs porno tersebut, adalah dengan di awali dari diri sendiri, kita cukup menanamkan tekat kepada diri kita bahwa konten-konten itu hanya akan memberi dampak negatif bagi kita, memang dampaknya tidak langsung terasa, namun dampak itu nantinya akan merubah cara pandang hidup kita. Dan upaya pencegahan penyebaran di lanjutkan dengan mengajak orang-orang di sekitar kita untuk menghindari atau berhenti mengakses situs-situs porno di internet tersebut, tentunya dengan memberikan pemahaman tentang dampak yang akan di peroleh nantinya. Pemberian pemahaman dan ajakan untuk menhindari ini pun tidak harus lewat tatap muka, kita bisa menggunakan eksistensi kita di internet untuk mengurangi penyebaran situs-situs porno tersebut, yakni melalui facebook, twitter ataupun blog, yang bisa kita gunakan untuk mengajak para peselancar internet untuk berhenti merusak diri mereka dengan situs-situs porno yang ada di internet.

Lalu Apakah ini Efektif ?Efektif atau tidaknya bergantung pada mereka yang telah tahu dampaknya, apakah untuk hari-hari berikutnya mereka mau berhenti atau tetap melanjutkan kebiasaan itu, namun jika mereka pintar dan mau berfikir kedepan, mereka pastinya akan menghentikan kebiasaan yang merusak otak itu, karena sesuai kodratnya, tidak ada manusia yang mau merusak dirinya sendiri.

Siapapun Kamu, kamu bisa jadi apa yang kamu mau dengan eksis di internetmu. Gunakan kesempatan untuk Eksis di internet untuk meraih apa yang kamu mau, baik keinginan untuk belajar, berbagai atau bahkan meraih mimpi, karena semua itu tidak menjadi hal yang sulit untuk di capai lewat eksistensi di internet, Ingat bahwa, Dampak Nyata yang kita peroleh dari Internet nanti, merupakan Hasil dari apa yang kita lakukan saat Eksis kini.

Sumber Gambar :
- http://images.google.com/( dengan sedikit editing tambahan dari Admin )
Sumber Referensi :
- http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=43712&s=a8e6fc18c5476a22f8058fe3795443bb

27 komentar:

  1. Sip ... eksis di internet ... berbagi dan mendapat ilmu ...

    BalasHapus
  2. ane suka dengan ilustrasi yang ke dua gan, antara pahala dan dosa. bagus banget, sukses dah buat lombanya. keren nie tulisan. lengkap.

    BalasHapus
  3. @fahrizal : iya gan, lewat internet kita bisa mencari dan berbagi ilmu.

    @cerita anak kost : sip gan, soalnya di internet pahala dan dosa itu ada, dan kadang sulit buat membedakannya, padahal sebenarnya internet itu di ciptakan untuk hal yang positif, namun hal negatif itu selalu ada untuk mengiringi hal yang positif itu, jadi kita harus pintar-pintar menfilter diri, untuk bisa menghindari hal-hal negatif yang ada.

    BalasHapus
  4. Emmm selamat berjuang ya gan

    BalasHapus
  5. @system blog : Thanks buat Supportnya gan :D

    BalasHapus
  6. saya biasanya buat PR sekolah nyari di internet haha, tapi masih banyak yang buka situs porno, saya liat di blog2 lain ! artikel terpopuler malah artikel yang berbau porno XD

    BalasHapus
  7. @ Inuzuka Grend :
    bisa di bilang itu sisi negatifnya sob.
    tetap tersebarnya situs-situs porno itu, selain karena masih ada para blogger yang menyebarkan situs-situs tersebut, juga di karenakan masih banyaknya penonton (konsumen),yang mencari situs-situs tersebut.
    padahal situs-situs itu memberikan dampak negatif pada penontonnya, dan dampak negatif itu menyerang otak mereka, banyak yang belum sadar akan hal itu, karena dampaknya tidak langsung,namun bertahap, tapi bisa merusak otak serta pola pikir para penikmatnya.

    BalasHapus
  8. Bagus sob kalimat'y!!! terus berkarya dan salam kenal

    BalasHapus
  9. @Glady : Makasih Sob, buat kunjungannya :)

    Salam Kenal :D

    BalasHapus
  10. waduh w cuman make internet cuman buat nyari duit ama nyari dosa kadang2 :hammer

    perlu ditingkatin nih

    BalasHapus
  11. @ CPM,CPC,PPI,CPA Reviews :
    bagus tuh mas, kalau udah bisa cari duit lewat internet.
    tapi buat yang nyari dosanya kalau bisa mulai di kurangi mas :)

    BalasHapus
  12. Mantab mas,memang skarang saatnya kita eksis
    karena internet sudah makin merakyat...

    BalasHapus
  13. semogaaaa berhasil, kalau menang hadiahnyaa bolehlah bagi dua hihi..

    BalasHapus
  14. @adib : bener mas, memang kini saatnya bagi semua golongan untuk eksis di internet, karena internet sudah menjadi bagian hidup dari rakyat.

    @Athifah Dahsyama : Amin, makasih nih buat do'anya mas :)

    BalasHapus
  15. Gan, menang g? Bukannya hari ini pgumumanya?

    BalasHapus
  16. @ Drieant :
    Pengumumannya tanggal 14 kok gan.
    Mohon do'anya aja gan :)

    Makasih juga nih dah nyempatin waktunya buat berkunjung ke blog ini :)

    BalasHapus
  17. 14 gan, mantap. ane doain dah gan... semoga ente menang. ntar di pajang dimari ya hadiahnya... ok

    BalasHapus
  18. @Drieant :
    Makasih ya gan buat do'anya :)

    BalasHapus
  19. betul sekali....
    internet sekarang memang lagi sering dipakai buat berbagai urusan selain eksis diinternet seperti berbisnis diinternet.andai saja internet diindonesia gratis pasti rakyatnya akan maju

    BalasHapus
  20. @ ego dafma dasa :
    hahahha
    oke gan, tapi dengan adanya internet murah udah banyak yang senang kok gan.
    tapi mudah2an harapan agan bisa terwujud. :)

    BalasHapus
  21. pengen terkenal dan cari uang he..

    BalasHapus
  22. huaaa aku cewek kok dipanggil mas. *lari kehutan*

    BalasHapus
  23. @ bopfive5 : hahaha aku juga punya keingina kayak gitu :D
    @ Athifah Dahsyamar : huwaaa, sorry, aku kemaren tidak memperhatikan fotonya :D, makasih ya mbak udah mau berkunjung ke blog'ku ini :)

    BalasHapus
  24. Kunjungan di sore hari :)

    Free backlink at freebacklinkindo.blogspot.com

    BalasHapus
  25. I am extremely impressed along with your writing abilities, Thanks for this great share.

    BalasHapus
  26. Mantap gan, Setuju...

    BalasHapus
  27. Reading this article was an experience. I enjoyed all the information you provided and appreciated the work you did in getting it written. You really did a lot of research.

    BalasHapus